Rekening Komunitas Banjarnegara

Rekening adalah sesuatu hal yang wajib ada dalam berorganisasi, karena semua pemasukan dan pengeluaran akan terlihat jelas terinci dari sana. Rekening juga memudahkan alur kerja sama organisasi dengan berbagai pihak sponsor dan donatur serta mitra yang akan mendukung jalannya kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan oleh organisasi.

Komunitas Banjarnegara dalam manajemen organisasinya menggunakan Sistem Informasi Keuangan yang terintegrasi dengan website resmi www.komunitasbanjarnegara.org dan beranda grup facebook "kobra" komunitas banjarnegara, yang memberikan informasi kepada pengurus, anggota/member, sponsor, mitra ataupun donatur atau kelompok baik di dalam organisasi maupun di luar organisasi mengenai masalah keuangan. Informasi yang diberikan disajikan dalam bentuk laporan khusus, laporan periodik, hasil dari simulasi matematika, saran dari sistem pakar, dan komunikasi elektronik. 

Fungsi Sistem Informasi Keuangan Komunitas Banjarnegara :
Sistem Informasi Keuangan Komunitas Banjarnegara secara administrasi tertera pada bentuk-bentuk formulir, buku–buku dan catatan–catatan akuntansi serta laporan–laporan yang disajikan di Website resmi dan beranda grup Facebook "kobra" komunitas banjarnegara.

Adapun fungsi-fungsi tersebut adalah untuk menentukan hasil dari pelaksanaan kegiatan-kegiatan Komunitas Banjarnegara, meliputi adanya pemisah keterangan jumlah barang dan uang dari catatan–catatan Komunitas Banjarnegara serta membuat laporan untuk pemimpin dan publik, untuk dapat mengikuti jalannya keuangan Komunitas Banjarnegara yang meliputi pemeliharaan terhadap bermacam–macam buku dan rekening seperti kas, rekening–rekening milik dan lain-lain, serta untuk mempermudah perencanaan kegiatan-kegiatan Komunitas Banjarnegara, tindak lanjut dari pada pelaksanaan dan perbaikan dari rencana-rencana.

Tujuan Sistem Informasi Keuangan Komunitas Banjarnegara :
Pada dasarnya penyusunan Sistem Informasi Keuangan Komunitas Banjarnegara mempunyai beberapa tujuan, yaitu : Sistem Informasi Keuangan yang disusun memenuhi prinsip cepat yaitu bahwa Standar Akuntansi Keuangan Komunitas Banjarnegara menyediakan data yang diperlukan tepat pada waktunya dan dapat memenuhi kebutuhan. Sistem Informasi Keuangan disusun dengan prinsip aman yang berarti bahwa Sistem Inforamasi Keuangan Komunitas Banjarnegara membantu menjaga aset Komunitas Banjarnegara, untuk dapat menjaga keamanan aset Komunitas Banjarnegara maka Sistem Informasi Akuntansi Keuangan Komunitas Banjarnegara disusun dengan pertimbangan pengawasan–pengawasan intern. Sistem Informasi keuangan Komunitas Banjarnegara yang disusun mempunyai prinsip murah yang berarti bahwa biaya untuk menyelenggarakan Sistem Informasi keuangan Komunitas Banjarnegara ditekankan sehingga relatif tidak mahal.

Atas dasar tersebut, pengurus Komunitas Banjarnegara harus dapat membuat laporan yang dapat menjelaskan aliran pengeluaran dan pendapatan atas dana yang tersedia, serta melaporkannya dalam bentuk ringkasan aktivitas keuangan atas keseluruhan entitas Komunitas Banjarnegara terkait dengan alokasi dan pemanfaatan dana.

Maka untuk lebih akurat dan akuntabelnya laporan keuangan Komunitas Banjarnegara menggunakan rekening resmi atas nama organisasi yaitu :
1. Rekening Komunitas Banjarnegara
2. Rekening Donasi Kemanusiaan KOBRA Peduli

3. Nomor Donasi Pulsa
Pembukaan rekening atas nama Komunitas Banjarnegara dan KOBRA Peduli telah memenuhi syarat-syarat ketika mau membuka rekening organisasi :
1. Foto Copy KTP pengurus yang masih berlaku (Ketua dan bendahara Komunitas Banjarnegara dan KOBRA Peduli)
2. Foto Copy Surat Keputusan / Surat tugas Ketua dan Bendahara Komunitas Banjarnegara yang ditunjuk
3. Foto Copy NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak ) Komunitas Banjarnegara
4. Stempel Komunitas Banjarnegara
5. Akte Pendirian Komunitas Banjarnegara
6. AD / ART Komunitas Banjarnegara
7. Surat permohonan pembukaan rekening ditujukan kepada Bank Rakyat Indonesia sebagai mitra perbankan Komunitas Banjarnegara yang ditandatangani oleh pejabat yang berwenang.

Adapun tujuan dari pembukaan rekening atas nama  Komunitas Banjarnegara dan KOBRA Peduli adalah :
1. Agar manajemen keuangan Komunitas Banjarnegara dan KOBRA Peduli lebih terintegrasi kepada sistem manajemen keuangan organisasi yang lebih profesional dimana seluruh aktivitas organisasi menggunakan atribut organisasi bukan atribut perorangan.
2. Memberikan kepercayaan kepada pengurus, anggota, donatur, mitra, sponsor dan pihak luar akan akuntabilitas keuangan Komunitas Banjarnegara dan KOBRA PEDULI karena tidak ada keraguan manipulasi data dan keuangan di Komunitas Banjarnegara dan KOBRA Peduli karena seluruh transaksi keuangan atas nama sebuah lembaga atau organisasi harus disetujui dan disepakati oleh penanggungjawab organisasi dan penanggungjawab pembuka rekening yaitu Ketua dan Bendahara. 
3. Mengedepankan transparansi laporan keuangan karena seluruh transaksi keuangan melalui rekening resmi organisasi bukan rekening perorangan dengan laporan rutin dan berkala yang disampaikan di website resmi dan beranda grup


                                                                                                               (KR-78/II/KobraNews/2016 - Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages