Nilai Kepedulian


Seberapa besar sebenarnya nilai kemanusiaan kita bisa diukur ?

Ada yang bilang nilai kemanusiaan kita diukur dari seberapa besar kepedulian kita kepada orang lain, ada yang bilang diukur dari seberapa besar bantuan yang bisa kita berikan kepada orang lain.

Kita selama ini masih terlalu subyektif dalam menilai sesuatu, kita hanya berkaca pada diri kita, pada apa yang telah bisa kita perbuat dan berikan tanpa melihat beberapa sisi yang lain yang meskipun itu sederhana bisa menjadi cermin dan tolok ukur untuk kita.

Terkadang kita merasa sudah begitu peduli kepada sesama, dengan apa yang telah kita berikan dan lakukan seolah kita adalah seorang pahlawan, seorang pejuang kemanusiaan atau yang dalam bahasa sekarang disebut sebagai relawan.

Tapi cobalah kita lihat video ini, kita amati dan kita hayati bersama. Setelah itu kita bertanya pada diri kita sendiri, apakah kita telah menjadi manusia yang benar~benar peduli? kita telah menjadi manusia yang bisa menepuk dada sambil berkata "Saya seorang relawan" atau seorang yang dengan bangganya memakai baju berlogo kemanusiaan sambil berkata "Saya ini pejuang kemanusiaan"

Kita masih sering melihat hal yang besar sebagai tolok ukur perbandingan dan sering melupakan hal kecil yang ada di dekat kita, di sekitar kita yang mereka lebih membutuhkan kita, yang lebih membutuhkan uluran tangan kita


Kadang yang menurut kita mereka membutuhkan kepedulian kita, justru mereka yang lebih peduli kepada sesamanya.

By : Ken Radjasa ID 53462/00555

1 komentar:

Pages