KOBRA PEDULI; One Time One Donation

A.     PROLOG
Komunitas Banjarnegara berawal dari komunitas Facebook, yakni orang-orang yang mempunyai hobby berkomunikasi antarsesama dengan mengunakan media online Facebook. Selain sebagai media silaturahmi, Komunitas Banjarnegara juga mempunyai tujuan sosial kemanusiaan yang berupa bantuan komunikasi/bankom disetiap kegiatan yang ada di Banjarnegara pada khususnya, melalui Program Dana Seribu, yaitu penggalangan dana dengan donasi pulsa minimal seribu rupiah ke nomor komunitas dan donasi berupa rupiah ke nomor rekening komunitas.
Mengetahui bahwa  hanya berkegiatan yang terbatas yaitu silaturahmi dan bankom, padahal banyak member yang terlibat menginginkan kegiatan yang lebih dari sekadar itu, maka beberapa pengurus berkumpul dan berinisiatif untuk mendirikan suatu lembaga sosial yang lebih fokus di bidang kemanusiaan. Maka, setelah berkumpul beberapa kali dalam suatu pertemuan baik resmi mapun tidak resmi disepakatilah dibentuk KOBRA PEDULI.
Selain itu, melihat kenyataan bahwa seringnya terjadi bencana yang dialami oleh warga Banjarnegara yang berupa: tanah longsor, dan kejadian-kejadian alam yang lain, maka semuanya itu semakin memantapkan diri untuk membentuk sebuah lembaga sosial yang independent dan legal yang bergerak di bidang kemanusiaan, yang bernama KOBRA PEDULI.

KOBRA PEDULI, diambil dari nama Komunitas Banjarnegara yang disingkat KOBRA yang berupa paguyuban orang-orang yang berkomunikasi melalui media Facebook. KOBRA merupakan kependekan dari nama komunitas induk sementara kata PEDULI memiliki makna agar di dalam komunitas tersebut memiliki kepedulian untuk berbagi dengan sesama.

KOBRA PEDULI, nama ini dipilih oleh mayoritas anggota pada saat berembuk yang bermakna, KOBRA adalah nama kepanjangan dari Komunitas Banjarnegara, dan Banjarnegara adalah kabupaten di mana organisasi ini berada, PEDULI apabila diterjemahkan bebas adalah penolong dan peduli terhadap sesama. Maka makna dari nama KOBRA PEDULI adalah “sebuah organisasi yang anggotanya mempunyai satu tujuan yang bulat dan besar untuk menjadi penolong terhadap sesama manusia dan yang mempunyai kepedulian terhadap lingkungan di mana anggota organisasi tersebut berada”. 
Berdasarkan hal tersebut di atas, dan berdasar atas kebutuhan yang sangat penting dan mendesak tentang tenaga relawan untuk membantu sesama yang mengalami musibah baik dikarenakan bencana alam maupun karena atas ulah manusia itulah, maka pada tanggal 18 Januari 2014 melalui Musyawarah Pengurus Komunitas Banjarnegara “Kobra” dibentuklah sub organisasi yang bernama KOBRA PEDULI beserta kelengkapannya. Yaitu struktur organisasi, lambang organisasi, alamat organisasi, bendera organisasi, dan lain sebagainya.
Maka, terbentuklah susunan kepengurusan KOBRA PEDULI dengan terpilhnya ketua terlebih dahulu melalui pemilihan langsung, umum, bebas, rahasia, yang dilaksanakan secara jujur.


A.     VISI & MISI
VISI :
Menjadikan KOBRA PEDULI sebagai organisasi relawan yang mampu bergerak cepat dan tepat dalam memberikan bantuan secara umum dan khususnya penanggulangan bencana. Menjadikan organisasi yang mempunyai anggota berjiwa penolong dan peduli terhadap sesama yang berasal dari sekelompok masyarakat yang berkompetent dan bermartabat di bidangnya masing-masing dalam memberikan bantuan kemanusiaan.
MISI :
1.     Memberikan pendidikan dan pelatihan untuk lebih meningkatkan kemampuan berfikir, berkata-kata, dan bertindak para anggota dalam melakukan penanggulangan bencana.
2.     Memberikan pembekalan yang cukup pada anggota dalam hal bantuan kemanusiaan, khususnya ketepatan dan kecepatan bantuan pada korban bencana.
3.   Membentuk insan yang peduli dan tanggap akan bencana sehingga mampu mengupayakan bantuan yang sebaik-baiknya sesuai dengan kebutuhan.
4.   Mensosialisasikan Penanggulangan Bencana pada masyarakat luas, melalui penyuluhan, simulasi, dan aksi lapangan sesuai dengan potensi warga masyarakatnya.

B.       TUJUAN 
1.   Tujuan Kobra Peduli adalah untuk mengabdi pada kepentingan kemanusiaan dengan memberikan bantuan pelayanan berupa pemikiran dan tindakan yang seluas-luasnya. 
2.      Terciptanya solidaritas, kebersamaan, kesatuan dan persatuan, saling membantu dan kerja sama antarlembaga, organisasi, dan semua pihak yang peduli terhadap masalah hidup dan kehidupan yang ada di atas bumi ini.
3.         Meningkatkan persahabatan dan kasih persaudaraan di antara sesama manusia.
4.      Memberikan pelatihan dan keterampilan di semua bidang yang terkait dengan pemberdayaan hidup masyarakat.
5.         Memberikan pelatihan dan keterampilan kepada masyarakat dalam kaitannya untuk mencegah dan menanggulangi setiap bencana yang timbul baik karena ulah manusia maupun kejadian alam yang tidak diduga. 

C.        KEMITRAAN
KOBRA PEDULI dalam melaksanakan kegiatnya sudah barang tentu tidak sendirian. Beberapa  instansi atau lembaga yang bergerak di bidang yang sama atau segaris dengan tujuan KOBRA PEDULI, akan kami gandeng bersama untuk melakukan kegiatan kemanusiaan. Atau juga sebaliknya, instansi dan lembaga baik dari pemerintah atau swasta yang ada menggandeng KOBRA PEDULI untuk diajak bersama-sama dalam melakukan kegiatannya.

Beberapa mitra yang pernah bersama-sama dengan KOBRA PEDULI dalam giatnya untuk membantu sesama antara lain adalah:

          1. Lazis Banjarnegara

2. Forum Peduli Kemanusiaan (FPK) Punggelan

Dan kami terus berupaya untuk menggandeng banyak lembaga, donatur, dan dermawan untuk bersama-sama bermitra dalam kegiatan sosial kemanusiaan.

E. KEGIATAN YANG SUDAH DILAKSANAKAN
a.  Penggalangan dan penyaluran dana kemanusiaan untuk korban bencana alam Jemblung, Karangkobar, Banjarnegara.
b.    Penggalangan dan penyaluran dana kemanusiaan untuk korban bencana alam Slimpet, Desa Mlaya Kecamatan Punggelan Kabupaten Banjarnegara
c.  Penyaluran dana kemanusiaan untuk fakir miskin dan jompo di Desa Karangjati, Kecamatan Susukan Kabupaten Banjarnegara
d.  Penyaluran dana kemanusiaan untuk korban kebakaran rumah di Desa Karangjati, Kecamatan Susukan Kabupaten Banjarnegara.
e.   Penyaluran dana kemanusiaan untuk korban kebakaran rumah di Desa Kalibening, Kecamatan Kalibening Kabupaten Banjarnegara
f.  Penyaluran dana kemanusiaan untuk korban kebakaran rumah di Desa Merden, Kecamatan Purwonegoro Kabupaten Banjarnegara
g.   Penyaluran bantuan kemanusiaan untuk bencana longsor di Kecamatan Pagedongan Kabupaten Banjarnegara
h.  Penyaluran bantuan kemanusiaan untuk pengungsi korban longsor di Desa Pencil Kecamatan Wanayasa Kabupaten Banjarnegara
i.   Penyaluran bantuan pasca banjir di Kecamatan Susukan dan Kecamatan Purworejo Klampok Kabupaten Banjarnegara
j.         Santunan anak yatim piatu di Kecamatan Punggelan Kabupaten Banjarnegara
k.  Santunan anak yatim piatu dan jompo di Desa Danaraja Kecamatan Purwonegoro Kabupaten Banjarnegara.
l.    Santunan anak yatim dan jompo di Desa Karangjati Kecamatan Susukan Kabupaten Banjarnegara.
m.  Realisasi pembagian alat tulis menulis di TPQ Bertha Kecamatan Susukan Kabupaten Banjarnegara
D.  KEPENGURUSAN 
Pembina                    : Drs. H. Hadi Supeno, M.Si (Wakil Bupati Banjarnegara)
Penasihat                  : Serka Hermanto
Ketua                           : Salyo “Salyo Sanady”
Sekretaris                  : Imam Abdullah Sidik “Ken Radjasa”
       Bendahara                : Sentot “Pacul Goang L”
G. PROGRAM KEGIATAN KEMANUSIAAN KOBRA PEDULI
NO
NAMA PROGRAM
SIFAT
SUMBER DANA

1







Jangka Pendek
Santunan Anak Yatim di Kopdar Korwil
Bulanan
Donasi Member
Donasi Pengurus
Sponsor
Dermawan
Donatur
Santunan Anak Yatim di Kopdar Pusat
Tahunan
Donasi Member
Donasi Pengurus
Sponsor
Dermawan
Donatur
Persiapan menghadapi bencana musim hujan Banjarnegara
insidentil
Donasi Member
Donasi Pengurus
Sponsor
Dermawan
Donatur





2







Jangka Menengah
Pendampingan Orang Sakit, Kecelakaan, dan Operasi
Per Kejadian
Donasi Member
Donasi Pengurus
Sponsor
Dermawan
Donatur
Bantuan Siswa Miskin
Bulanan
Donasi Member
Donasi Pengurus
Sponsor
Dermawan
Donatur
Santunan Meninggal Dunia
Per Kejadian
Donasi Member
Donasi Pengurus
Sponsor
Dermawan
Donatur
Beasiswa Siswa Miskin
Bulanan
Donasi Member
Donasi Pengurus
Sponsor
Dermawan
Donatur
REKRUTMEN DAN KADERISASI ANGGOTA
Untuk rekrutmen anggota, KOBRA PEDULI menerima anggota baru dengan syarat memenuhi kriteria yang telah ditentukan oleh pengurus. Persyaratan ini penting mengingat untuk menjadi anggota KOBRA PEDULI dituntut kemampuan yang relevant untuk kegiatan rescuer. Selain itu, anggota tidak mendapatkan imbalan apapun dalam melakukan kegiatannya.

Selain rekrutmen anggota baru, KOBRA PEDULI juga berkewajiban untuk meningkatkan kemampuan anggota di bidangnya masing-masing, baik dengan cara penyertaan anggota pada pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan oleh lembaga atau instansi di KOBRA PEDULI maupun kegiatan atau pelatihan-pelatihan yang diadakan oleh KOBRA PEDULI.


H. ALAMAT KANTOR SEKRETARIAT
KOBRA PEDULI
Desa Karangjati RT 001 RW 001
Telepon : 082325815885
Email : kobrapeduli@gmail.com


DOKUMENTASI FOTO KEGIATAN KEMANUSIAAN

KOBRA PEDULI












(KR~78/KobraNews/X/2015)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages